Sejarah singkat SDN Ketanggung 1


Ditulis oleh: A. Leo Agung Eka C., M. Pd.

SDN Ketanggung 1 adalah salah satu Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1951. Pada awal berdirinya sekolah ini bernama SD Lirliran. Diberikan nama tersebut mungkin karena letaknya yang berada di sebelah barat Gunung Lirliran. Gunung Lirliran itu sendiri sesungguhnya merupakan sebuah bukit dalam gugusan Gunung Lawu yang berada pada perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. SDN Ketanggung 1 memang terletak dekat dengan perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dari perbatasan yang dipisahkan oleh Kali Sawur tersebut, SDN Ketanggung 1 hanya berjarak tidak lebih dari 2 km.

Dalam catatan sejarahnya, beberapa tahun kemudian setelah SDN Ketanggung 1 berdiri, pemerintah melalui program Inpres membangun satu sekolah lagi untuk menampung jumlah siswa pada usia Sekolah Dasar yang banyak pada waktu itu. Sekolah itu kemudian diberi nama SDN Ketanggung 3 dan didirikan berdampingan dengan SDN Ketanggung 1. Setelah berkurangnya jumlah anak berusia Sekolah Dasar maka SDN Ketanggung 3 digabungkan kembali (regrouping) dengan SDN Ketanggung 1 pada tahun 2007 dengan nama SDN Ketanggung 1.

SDN Ketanggung 1 itu sendiri berada dalam wilayah Gugus IV Harya Bangsal di bawah naungan UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Sine. Dalam keanggotaannya pada Gugus IV Harya Bangsal, SDN Ketanggung 1 merupakan SD imbas. Sebagai SD inti dalam gugus ini adalah SDN Tulakan 1 yang berdiri tidak jauh dari SDN Ketanggung 1 (± 1 km). Nama gugus “Harya Bangsal” itu sendiri diambil dari nama seorang tokoh bangsawan dari Kerajaan Majapahit yang menjadi legenda di Desa Ketanggung dan sekitarnya hingga sekarang dengan nama kisahnya yang lebih populer yaitu “Joko Budhug”.

Pada saat ini SDN Ketanggung 1 berusaha menjadi lembaga pendidikan yang terdepan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di  Desa Ketanggung dan sekitarnya. Meskipun pada kenyataannya banyak sekali rintangan-rintangan untuk merealisasikan tujuan baik tersebut. Namun berbekal semangat dan rasa ikhlas dalam membaktikan diri pada Ibu Pertiwi usaha itu tetap dilakukan secara terus menerus.

Untuk mewujudkan tujuannya tersebut SDN Ketanggung 1 mengusung visi dan misi seperti berikut:

Visi:
Terwujudnya siswa yang unggul dan berprestasi dilandasi iman dan taqwa.

Misi:

  • Melaksanakan pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM).
  • Melakukan bimbingan belajajar yang intensif.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah.
  • Mendorong siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
  • Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut siswa, sehingga menjadi sumber kreatifitas untuk bertindak.
  • Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.