A. Leo Agung Eka C., M.Pd


P. LeoA. Leo Agung Eka C. adalah salah seorang guru di SDN Ketanggung 1, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Dia cukup dikenal di kalangan para pekerja di bidang pendidikan di wilayah Kecamatan Sine. Nama lengkapnya cukup panjang dan namanya yang panjang tersebut dianggap kurang lazim digunakan oleh orang-orang di sekitarnya sehingga beliau memiliki beberapa nama panggilan sekaligus. Pak Leo, Pak Eko dan Pak Agung begitulah beberapa nama panggilan yang kerap dikenakan kepadanya, meskipun juga masih ada yang menyapanya dengan nama panggilan kecilnya yaitu Pak Koko.

Pak Leo bukan tipe orang yang suka menonjolkan diri. Dia kurang suka berorganisasi dan tidak menyukai tempat-tempat keramaian jika suatu saat akan memilih tempat berwisata. Beliau lebih suka menghabiskan waktu di depan komputer. Bahkan dia tahan berjam-jam untuk duduk di depan komputer. Hobinya adalah segala hal yang berkaitan dengan Information Technology (IT). Hal ini dapat dimaklumi karena dahulu beliau pernah menjadi programer amatir yang dia lakukan di sela-sela kesibukannya sebagai Instruktur IT pada beberapa perusahaan trainner di Jakarta.

Terlahir di Ngawi pada tanggal 27 Mei 1975, persisnya di sebuah desa di tengah-tengah daerah pertanian di wilayah Kecamatan Widodaren. Ayah dan Ibunya adalah seorang pensiunan guru yang masih merupakan keturunan Jawa tulen dan tinggal tidak jauh dari tempat lahirnya. Ayahnya berasal dari daerah Kecamatan Sine dan Ibunya berasal dari daerah Kecamatan Widodaren dalam wilayah kabupaten yang sama.

Kiprahnya sebagai pendidik diawali dengan menjadi guru di SDK St. Maria Walikukun pada tahun 2003. Di akhir tahun 2006 beliau menambah waktunya untuk mengajar di SDN Kayutrejo 1. Setelah diangkat menjadi PNS pada tahun 2008 kemudian dia ditugaskan di SDN Ketanggung 1 di Wilayah Kecamatan Sine hingga akhirnya pindah dan menetap tak jauh dari tempatnya bertugas hingga sekarang.

Pendidikan dasar ditempuhnya di SDN Kayutrejo 2 hingga lulus tahun 1987, kemudian dilanjutkan di SMPN 1 Widodaren yang terletak di kota kecamatan sejauh 4 km dari rumahnya dengan naik sepeda pancal. Setelah lulus SMP pada tahun 1990, ia melanjutkan ke SMAK St. Louis Madiun hingga lulus tahun 1993. Pendidikan sarjana pada tingkat perguruan tinggi ditempuhnya pada Universitas Kanjuruhan Malang (2004) dan Universitas Islam Malang (2011) hingga mendapatkan gelar Magister.

Iklan