RUU Aparatur Sipil Negara (ASN)


Pada saat ini Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang digodok oleh pemerintah dan DPR sedang dalam masa uji publik. Banyak opini yang berkembang mengenai nasib PNS ke depan setelah diberlakukannya UU ASN ini. Salah satu opini tersebut menyatakan tentang PNS yang tidak akan lagi mendapatkan Pensiun melainkan diganti dengan uang pesangon dalam nilai tertentu.

Menanggapi permasalahan di atas ternyata opini tersebut tidak relevan dengan bunyi RUU ASN pada Bab IV tentang Hak dan Kewajiban, Pasal 20. g yang berbunyi, “pensiun  bagi  yang  telah  mengabdi  kepada  negara  dan  memenuhi  persyaratan yang ditentukan.” Jadi opini tersebut terasa prematur, meskipun UU ini belum final dan juga belum terbit Permen atau PP yang mengikutinya.

Memang sedang ada pembicaraan yang mengemuka tentang sistem pensiun PNS yang ada pada saat ini. Seperti disampaikan oleh Azwar Abubakar (Menpan-RB) bahwa sistem pensiun yang ada pada saat ini dirasa sangat membebani anggaran negara. “Apapun keputusan yang diambil akan didasarkan pada prinsip untuk membuat  para pensiunan sejahtera  tapi  tidak juga memberatkan anggaran negara”, ujarnya. Namun demikian, ia belum mau mengungkapkan skema pensiun baru yang sedang dipertimbangkan  tersebut  karena  masih  dalam  kajian  internal  Kemenpan-RB.

Terkait dengan isu pensiun ini, justru sedang menjadi perdebatan adalah aturan baru tentang pensiun. Aturan yang berlaku saat ini, usia pensiun PNS yang duduk di jabatan eselon I dan II adalah 56 tahun. Lalu dapat diperpanjang lagi hingga 58 tahun, dan perpanjangan lagi hingga 60 tahun.

Agar dapat mengetahui dengan tepat perkembangan RUU tentang Aparatur Sipil Negara ini silahkan download di sini atau melalui web resminya http://www.dpr.go.id di sini dan berita tentang pembicaraan sistem pensiunan PNS di sini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke RUU Aparatur Sipil Negara (ASN)

  1. wahyu pardjaman berkata:

    semoga lebih cepat lebih baik karena kami pensiunan PNS menunggu kebijakan pemerintah ttg gaji pensiunan ini apakah akan diganti dengan pesangon yang bisa nensejahterakan kami kedepan?, dan agar diperhitungkan dengan baik gunakan aturan yang seimbang dengan rumus : gaji pokok pensiun x 12 x masa kerja golongan saat pensiun itu akan adil…kalau tidak sgera dilaksanakan maka akan bertambahlah jumlah pensiunan sehingga beban Negara dalam APBN akan lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s