Awal Musim Hujan 2012/2013 Masih 6 Minggu Lagi…


Beberapa hari belakangan ini masyarakat dipusingkan oleh keberadaan air yang semakin langka. Selain itu suhu udara yang menyengat memaksa beberapa orang untuk tidak berlama-lama beraktifitas di bawah panas terik cahaya sinar matahari. Bahkan beberapa jenis tumbuh-tumbuhan sudah tidak mampu lagi untuk menegakkan dan menghijaukan daunnya sehingga tampak layu dan kering. Keadaan ini memaksa para petani untuk memompa air dari dalam tanah atau dari genangan air di sungai yang masih tersisa untuk mengairi tanaman di sawahnya agar tetap dapat bertahan hidup hingga panen nanti.

Di SDN Ketanggung 1 sendiri pada saat ini digalakkan kepada seluruh warga sekolah untuk menyiram beberapa tanaman buah yang sekaligus difungsikan sebagai peneduh halaman agar tetap terjaga kesegarannya. Murid-murid yang bertugas piket kebersihan juga diperintahkan untuk menyiram halaman dengan air terlebih dahulu agar tidak terlalu menimbulkan debu ketika disapu. Dalam keadaan iklim yang seperti ini memang menuntut semua orang untuk ekstra hati-hati menjaga kesehatan agar tidak terserang berbagai penyakit akibat debu yang berterbangan kesana kemari.

Hujan adalah sebuah berkat yang ditunggu dari alam pada situasi seperti ini. Namun tampaknya pada bulan September ini belum semua wilayah Indonesia dapat menikmati turunnya hujan yang telah dinanti-nantikan. Menurut prakiraan musim penghujan tahun 2012 oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Indonesia baru 2% wilayah atau 7 Zona Musim (ZOM) yang mendapatkan hujan di bulan September ini. Daerah itu meliputi Sukabumi bag. Barat, Bogor Selatan bag. Timur,   Sukabumi   Utara   bag.   Timur,   Cianjur   Utara   bag.   Barat, Tasikmalaya bag. Tengah, Ciamis Selatan, Garut Selatan bag. Timur, Ciamis  Selatan  bag.  Timur,  Cilacap  Selatan,  Pemalang  Tenggara, Pekalongan Selatan dan Timur, Purbalingga Utara, Banjarnegara bag. Barat  Laut.  Batang  bag.  Tengah,  Kendal  bag.  Barat  Daya,  Malang bag. Tenggara dan Lumajang bag. Barat Daya.

Dalam catatan BMKG tentang awal musim hujan bagi sebagian besar Jawa Timur baru akan terjadi antara  dasarian  I  –  III November  2012. Hal itu berarti memaksa para penduduk yang tinggal di daerah ini untuk bersabar sedikitnya 6 minggu lagi untuk menunggu jatuhnya air hujan turun membasahi bumi. Seperti yang tertulis dalam catatan laporannya BMKG melaporkan bahwa, sebanyak  61  ZOM,  awal  musim  hujan    antara  dasarian  I–III November  2012,  meliputi  Lebak  Selatan,  Cilegon,  Kota  Serang, Serang  Timur,  Tangerang  Tengah,  kota  Tangerang,  Jakarta  Pusat-Barat, Jakarta Selatan bag. Utara, Jakarta Timur bag. Barat, Subang Utara, Karawang Barat, sebagian besar Indramayu. Sebagian besar Majalengka,  sebagian  besar  Cirebon,  sebagian  besar  Kuningan, Tegal Barat dan Brebes Utara dan Tengah, sebagian besar Pantura Jawa Tengah,  Blora Utara dan  Tengah, Grobogan Timur, sekitar Wonogiri dan Gunung Kidul, Karanganyar Barat dan Timur, Magetan Barat,  Ngawi  bag.  Selatan,  sebagian  besar  Jawa  Timur dan  P. Madura bag. Timur.

Laporan secara lengkap tentang Awal Musim Hujan 2012/2013 pada 150 Zona Musim (ZOM) di Indonesia oleh BMKG dapat di download di sini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Awal Musim Hujan 2012/2013 Masih 6 Minggu Lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s